DIKLAT PIM III


KERTAS KERJA PERORANGAN

RENCANA KERJA PENINGKATAN KINERJA PEMBINAAN ADMINISTRASI BERBASIS E- GOVERNMENTDALAM RANGKA PELAYANAN PRIMA DI SEKRETARIAT DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA PEMUDA DAN OLAH RAGA KABUPATEN KLATEN

Oleh :

Drs. LUGTYASTYONO BUDI NUGROHO.M.Pd.

NO: 32 / DIKLATPIM III / 77 / 2009

DEPARTEMEN DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA
PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN REGIONAL YOGYAKARTA

Jalan Melati Kulon No 1 Yogyakarta Kode Pos 55225

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa , sehingga penulis dapat menyelesaikan Kertas Kerja Perorangan ( KKP ) yang berjudul “ Rencana Kerja Peningkatan Kinerja Pembinaan Administrasi Berbasis E- Government dalam rangka Pelayanan Prima di Sekretariat Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Klaten”.

Penulisan Kertas Kerja Perorangan ( KKP ) l ini dalam rangka bertukar pikiran dan berbagi pengalaman dalam Diklat Kepemimpinan Tingkat III angakatan LXXVII tahun 2009 oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Regional Yogyakarta

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada :

1.Bapak Drs Madison Ginting, MSi Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Regional Yogyakarta yang telah memberi dukungan dan bimbingan dalam penulisan Kertas Kerja Perorangan ( KKP ) ini.

2.Bapak Ir Suroyo, MSi selaku pembimbing akademis yang telah memberi bimbingan dan arahan dalam penulisan Kertas Kerja Perorangan ( KKP ) ini.

3.Teman teman peserta Diklat Pim III angkatan LXXVII tahun 2009 atas segala partisipasinya dalam penyempurnaan Kertas Kerja Perorangan ( KKP )

4.Semua pihak yang tak mungkin disebutkan satu-persatu, terima kasih atas segala sumbangan, saran, maupun kritikannya.

Kertas Kerja Perorangan ( KKP ) ini masih ada kekurangannya, untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi sempurnanya tulisan ini, Akhir kata semoga makalah yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya.

Klaten, 16 Oktober 2009


Drs.Lugtyastyono.Budinugroho,M.Pd

032/DIKLATPIM III/77/2009

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Bangsa Indonesia merupakan kesatuan individu yang berada dalam satu negara kesatuan kawasan yang disebut Republik Indonesia. Jati diri suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas jiwa, semangat dan nilai-nilai kebangsaan sebagai perekat satu kesatuan individu yang berada dalam satu kawasan negara Indonesia. Dalam menghadapi berbagai tantangan yang terus berkembang, bangsa Indonesia harus tetap konsisten terhadap komitmen jati diri yang bersumber pada visi masa depan bangsa Indonesia.

Setelah diberlakukannya UU Nomor 22 Tahun 1999 tentang PemerintahanDaerah, yang kemudian diganti dengan UU Nomor 32 Tahun 2004, telah terjadi perubahan paradigma dalam pemerintahan daerah, yang semula lebih berorientasi sentralistik menjadi desentralistik dan menjalankan otonomi seluas-luasnya. Salah satu aspek penting kebijakan otonomi daerah dan desentralisasi adalah peningkatan pelayanan umum dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan daya saing daerah.

Dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah no 41 tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah. maka Pemerintah daerah Kabupaten Klaten melalui Peraturan Daerah Kabupaten Klaten Nomor 8 tahun 2008 2008 tentang Organisasi dan Tata Pemerintah Kabupaten Klaten dan Peraturan Bupati Klaten nomor 47 tahun 2008 tentang rincian tugas dan fungsi dan tata kerja Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Klaten.

E-government adalah penggunaan teknologi informasi dan telekomunikasi untuk administrasi pemerintahan yang efisien dan efektif, serta memberikan pelayanan yang transparan dan memuaskan kepada masyarakat. Semua organisasi pemerintahan akan terpengaruh oleh perkembangan e-government ini,Manfaat yang dapat diperoleh dari e-Government adalah Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat, peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum, pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut di atas, dalam rangka meningkatkan kinerja pembinaan tertib administrasi di Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Klaten, dalam bidang administrasi Sekretariatan ter­dapat kekuatan dan kelemahan seba­gai faktor internal, peluang dan ancam­an sebagai faktor eksternal, maka penulisan Rencana Kerja Perorangan (RKP) ini mengangkat judul: “Rencana Kerja Peningkatan Kinerja Berbasis E-Government dalam rangka pelayanan Prima di Sekretariatan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Klaten”.

B. Tugas Pokok dan Fungsi

B.1 Dasar Hukum:

Peraturan Daerah Kabupaten Klaten Nomor 8 tahun 2008 2008 tentang Organisasi dan Tata Pemerintah Kabupaten Klaten dan Peraturan Bupati Klaten nomor 47 tahun 2008 tentang rincian tugas dan fungsi dan tata kerja Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Klaten.

B.2. Tugas Pokok

Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga mempunyai tugas:

1.Mengelola urusan administrasi ketatausahaan meliputi urusan umum, kepegawaian, keuangan perencanaan, evaluasi dan pelaporan pada Dinas Budparpora Kab Klaten

2.Menghimpun , mempelajari perundang-undangan, kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis urusan umum kepegawaian, keuangan, perencanaan, evaluasi dan pelaporan

3.Menyusun rencana program urusan umum kepegawaian, keuangan, perencanaan, evaluasi dan pelaporan berdasarkan kebijakan bidang Kebudayaan,Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga.

4.Megkoordinasikan semua Bidang dalam rangka menghimpun perencanaan

5.kegiatan, evaluasi dan menganalisa data serta laporan hasil kegiatan.

6.Megkoordinasikan semua Sub Bagian dan kegiatan kesekretariatan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung.

7.Menyiapkan usulan, penunjukan, penetapan, pejabat pengelolaan keuangan.

8.Melaksanaan pembinaan, bimbingan, pengawasan, dan pengendalian pelaksanan tugas bawahan berdasarkan pembagian tugas agar berjalan lancar

9.Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerja

10.Mengevaluasi dan menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas serta mencari alternatif pemecahan masalah.

11.Melaksanaan koordinasi dan kerjasama sesuai bidang tugasnya

12.Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada kepada atasan

13.Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya

B.3. Fungsi

Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga mempunyai fungsi :

1.Perumusan Kebijakan teknis di Sekretariatan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga

2.Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di Sekretariatan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga

3.Pembinaan dan Pelaksanaan Kesekretariatan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga

4.Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga

C. Visi dan Misi

C.1. Visi

Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga mempunyai Visi :

“ Mewujudkan Kesekretariatan Dinas Kebudayayaan, Pariwisata Pemuda dan Olah raga Kabupaten Klaten yang profesional”

B.2. Misi

Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Klaten mempunyai Misi :

1. 1. Meningkatkan tertib administrasi.

2. 2. Meningkatkan tertib waktu.

3. 3.Meningkatkan sarana prasarana

4. 4. Meningkatkan koordinasi antas sub bag

5. 5.Meningkatkan pelayanan berbasis E Government menuju Goodvernment

BAB II

TUJUAN SASARAN DAN PENGUKURAN KINERJA

A. Tujuan dan Sasaran

A.1. Tujuan

Meningkatkan Sekretariatan yang berbasis E Government dalam rangka pelayanan Prima di Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Klaten

A.2. Sasaran

  1. Meningkatnya administrasi ke dalam dan ke luar
  2. Meningkatnya pembinaan personil administrasi
  3. Meningkatnya pemberdayaan staf untuk mendukung pelayanan optimal

B. Sasaran Prioritas

Meningkatnya pemberdayaan staf untuk mendukung pelayanan optimal

Alasannya :

Kemampuan teknis aparat sekretariat dalam bidang E Governace kurang optimal, sehingga meningkatnya pemberdayaan staf untuk mendukung pelayanan optimal, akan memperlancar tugas-tugas kesekretariatan di Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Klaten.

B.Komparasi Urgensi Faktor

D. EVALUASI FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL

BAB III

IDENTIFIKASI ANALISIS FAKTOR

A.    Identifikasi Faktor

Dalam identifikasi analisis faktor yang kita lakukan di Sekretariatan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Klaten ada faktor internal (dari dalam) dan ada faktor eksternal (dari luar), faktor internal. Kekuatannya : adanya personil yang memiliki kompetensi E – Government, tersedianya format administrasi yang lengkap, tersedianya perangkat komputer yang lengkap. Kelemahannya adalah : jadwal pembinaan administrasi belum berjalan, belum tersedianya program aplikasi kesekretariatan, rendahnya kesediaan personal menggunakan komputer, faktor eksternalnya ada peluang dan ancaman

 

FAKTOR INTERNAL

 

 

NO.

 

 

STRENGHT/

KEKUATAN (S)

 

NO.

 

WEAKNESSES/

KELEMAHAN (W)

1. Adanya personil yang memiliki kompetensi E – Governace 7. Jadwal pembinaan administrasi belum berjalan
2. Tersedianya format administrasi yang lengkap 8. Belum tersedianya program aplikasi kesekretariatan
3. Tersedianya perangkat komputer yang lengkap 9. Rendahnya kesediaan personal menggunakan komputer

 

FAKTOR EKSTERNAL

 

 

NO.

 

OPPORTUNITES/

PELUANG (O)

 

NO.

 

THREATS/

ANCAMAN (T)

4. Adanya program pelatihan teknis E- Governance dari BKD 10. Koordinasi dengan dinas/badan terkait belum maksimal
5. Adanya penawaran diklat E – Governace dari instansi lain. 11. Kerusakan data di komputer akibat virus karena sistim online
6. Sistem Internet antar Dinas / Badan sudah on line 12. Aplikasi sistim pengolahan data laporan sering berubah.

 

Tabel 2  Identifikasi Faktor Internal dan Eksternal

D. EVALUASI FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL

No.

FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL

BF %

ND

NBD

NILAI KETERKAITAN

NRK

NBK 

 TNB

FKK

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

I.

  INTERNAL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Stregths

(Kekuatan)

1.

Adanya personil yang memiliki kompetensi E – Governace

20,00

4

0,80

4

4

3

3

3

3

1

1

1

2

1

2,36

0,47

1,27

II

2.

Tersedianya format administrasi yang lengkap

20,00

4

0,80

4

2

1

1

2

3

1

1

1

1

2

1,73

0,35

1,15

3.

Tersedianya perangkat komputer yang lengkap

26,67

5

1,33

4

2

1

1

2

1

1

1

1

2

1

1,55

0,41

1,74

I

JML

4,16

Weaknesses (Kelemahan)

4.

Jadwal pembinaan administrasi belum berjalan

20,00

4

0,80

3

1

1

1

2

2

1

1

1

1

1

1,36

0,27

1,07

I

5.

Belum tersedianya program aplikasi kesekretariatan

6,67

1

0,07

3

1

1

1

1

1

1

2

1

1

1

1,27

0,08

0,15

6.

Rendahnya kesediaan personal menggunakan komputer

6,67

1

0,07

3

2

2

2

1

1

1

1

1

1

1

1,45

0,10

0,17

II

Jumlah

100

JML

1,39

 

 

II.

 EKSTERNAL

Opportunities (Peluang)

7.

Adanya program pelatihan teknis E- Governance dari BKD

26,67

5

1,33

3

3

1

2

1

1

1

1

1

1

1

1,45

0,39

1,72

I

8.

Adanya penawaran diklat E – Governace dari instansi lain.

20

3

0,60

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1,00

0,20

0,80

9.

Sistem Internet antar dinas/badan sudah on line

20

3

1

1

1

1

2

1

1

1

2

2

3

1,45

0,29

0,89

II

JML

3,41

Threats

(Ancaman)

10.

Koordinasi dengan dinas/badan terkait belum maksimal

13,33

2

0,27

1

1

1

1

1

1

1

1

2

1

1

1,09

0,15

0,42

11.

Kerusakan data di komputer akibat virus karena sistim online

6,66

1

0,53

2

1

2

1

1

1

1

1

2

1

1

1,27

0,08

0,61

I

12.

Aplikasi sistim pengolahan data laporan sering berubah.

13,33

2

0,40

1

2

1

1

1

1

1

1

3

1

1

1,27

0,17

0,57

II

Jumlah

100

JML

1,60

            Tabel 4 Evaluasi  Faktor Internal dan  Eksternal

A.    Penentuan  Faktor Kunci Keberhasilan

 

FAKTOR INTERNAL

       

STRENGTHS (KEKUATAN)

    

WEAKNESSES (KELEMAHAN)

1

Tersedianya perangkat komputer yang lengkap

1

Jadwal pembinaan administrasi belum berjalan

2

Adanya personil yang memiliki kompetensi E – Governace

2

Rendahnya kesediaan personal menggunakan komputer 

FAKTOR EKSTERNAL

 

       (OPPORTUNITIES (PELUANG) 

             THREATS (ANCAMAN)

1

Adanya program pelatihan teknis E- Governance dari BKD

1

Kerusakan data di komputer akibat virus karena sistim online

2

Sistem Internet antar dinas //badan sudah on line

2

Aplikasi sistim pengolahan data laporan sering berubah.

 

Tabel 5. Faktor Kunci Keberhasilan

E. Posisi Kemampuan Organisasi

II

I

å (S) = 4,16

“Arah Trend”

SO  (2,16 ; 2,02)

                       

2,16

                       

     å (T) = 1,69                                                                                                                                                                         å (O) = 3,41

2, 02

III

IV

å (W) = 1,39

 

Gambar 1. Posisi Kemampuan Organisasi

Keterangan :

Interaksi terkuat adalah SO  (2,16 ; 2,02), yaitu :

S – W = 4,16 – 1,60  \S = 2,16

O – T  = 3,41 – 1,39  \O = 2,02

Peta posisi kemampuan organisasi  berada pada posisi : Kuadran I (artinya ada kekuatan serta peluang yang maksimal untuk dikembangkan) à Keunggulan Komparatif.

Arah Kecenderungan (Trend) seperti pada gambar di atas.

Secara teori strategi ini termasuk dalam kategori = Ekspansi.

BAB IV

STRATEGI KEBIJAKAN PROGRAM DAN KEGIATAN

A. Strategi

 

                               FKK INTERNAL

 

 

 

FKK EKSTERNAL

 

 

                 Strenght (S)

 

  1. Tersedianya perangkat komputer yang lengkap

 

  1. Adanya personil yang memiliki kompetensi E – Governace
 

                 Opportunity (O)

 

  1. Adanya program pelatihan teknis E- Governance dari BKD

 

 

 

 

  1. Sistem Internet antar dinas //badan sudah on line
 

              Strategi (SO)

 

  1. Manfaatkan perangkat komputer yang lengkap untuk menindaklanjuti hasil mengikuti program pelatihan teknis teknis E- Governance dari BKD.

 

  1. Adanya personil yang memiliki kompetensi E – Governace dapat mengoperasikan Sistem Internet antar dinas //badan sudah on line

 

 

 

Diagram 1 Formulasi Strategi

 

DIAGRAM

FORMULASI STRATEGI

 

 

                               FKK INTERNAL

 

 

 

FKK EKSTERNAL

 

 

                 Strenght (S)

 

  1. Tersedianya perangkat komputer yang lengkap

 

  1. Adanya personil yang memiliki kompetensi E – Governace
 

                 Opportunity (O)

 

  1. Adanya program pelatihan teknis E- Governance dari BKD

 

 

 

 

  1. Sistem Internet antar dinas //badan sudah on line
 

              Strategi (SO)

 

  1. Manfaatkan perangkat komputer yang lengkap untuk menindaklanjuti hasil mengikuti program pelatihan teknis teknis E- Governance dari BKD.

 

 

  1. Adanya personil yang memiliki kompetensi E – Governace dapat mengoperasikan Sistem Internet antar Dinas / Badan sudah on line

 

 

 

 

B. STRATEGI, KEBIJAKAN, PROGRAM DAN KEGIATAN

 

TUJUAN

SASARAN

STRATEGI

KEBIJAKAN

PROGRAM

KEGIATAN

Meningkatkan Sekretariatan yang berbasis E Govermen menuju Good Gavermen di  Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga  Kabupaten Klaten

Meningkatnya pemberdayaan staf untuk mendukung pelayanan optimal

1.  Manfaatkan personil yang memiliki kompetensi E govermen membina admi­nis­trasi dan me­nindak­lanjuti hasil iprogram pe­latihan teknis admi­nistrasi

1.  Peningkatan penggunaan komputer 1.  Peningkatan kom­pe­tensi personil  E-governen 1.   Melaksanakan pembinaan
2.   Mengirimkan personil administrasi untuk mengikuti diklat teknis E- Govermen
3.   Menambah koleksi buku buku tentang TI
 
2.  Peningkatan pengisian laporan administrasi 1.   Mengadakan standarisasi administrasi
2.   Melaksanakan pengelolaan data dan akuratsi data
3.   Melaksanakan pelayanan administrasi intern dan ekstern
 
2.  Manfaatkan komputer yang ada  me­menuhi tuntut­an masyarakat terhadap pelayanan yang optimal

2.Pengembang­an sistem pengelolaan Internet online

1.  Peningkatan kerjasama anatar instansi terkait dalam bidang E-Govermen 1.   Mengadakan koordinasi dengan instansi terkait
2.   Melaksanakan penambahan aplikasi data internet
3.   Mengevaluasi kegiatan berkelanjutan di bidang E Govermen
 
2.  Peningkatan up date data di Website Dinas Budparpora 1.   Menginventarisir data administrasi mutakhir
2.   Menyeleksi data mutakhir
3.   Melaksanakan up loude data administrasi mutakhir di website internet

 

Tabel 6 : Strategi, Kebijakan dan Program Kegiatan

BAB V

PENUTUP

             A. Kesimpulan

Penggunaan teknologi informasi dan telekomunikasi untuk administrasi pemerintahan yang efisien dan efektif, serta memberikan pelayanan yang transparan dan memuaskan kepada masyarakat. Semua organisasi pemerintahan akan terpengaruh oleh perkembangan e-government ini, Manfaat yang dapat diperoleh dari e-Government adalah Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat, peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum, pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien.

Dengan meningkatkan pemberdayaan staf dan memanfaatkan teknologi informasi maka pelaksanaan tugas tugas administrasi di sekretariat  Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Klaten  dapat berjalan lancar serta pelayanan intern dan pelayanan ekstern ( masyarakat ) dapat tepat waktu.

 

             A. Saran

  1. Agar menghasilkan personil di sekretariat  Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Klaten  yang profesional maka pembinaan terhadap pegawai harus dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan.
  2. Setiap personil di sekretariat  Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Klaten harus mampu mengoperasikan komputer agar menghasilkan pelayanan prima

 

RENCANA KERJA PENINGKATAN KINERJA PEMBINAAN ADMINISTRASI BERBASIS E- GOVERNMENT DALAM RANGKA PELAYANAN PRIMA DI SEKRETARIATAN DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA PEMUDA DAN OLAH RAGA KABUPATEN KLATEN

75 thoughts on “DIKLAT PIM III

  1. tulisan ini saya butuhkan sebagai referensi saya, dan saya senang sekali kalu bisa mendapatkan dokumen KKP secara utuh, terima kasih

  2. Assalamualaikum Pak,
    Mohon perkenannya Pak, untuk mengirimkan KKP lengkapnya ke email saya, atas perkenan Bapak dan bantuannya diucapkan terimakasih. (rozieq1408@gmail.com)

  3. Assalammualaikum Pak. Mksh sebelumnya,saya minta tolong sama Bapak untuk dikirimkan filenya untuk Laporan KKP PIM III nya Pak ke email saya (zaiculun@yahoo.com). Wass.

  4. aslamualaikum pak
    ku liat dari pengomen halaman ini banyak yang meminta dengan lengkap file pim 3.
    saya juga ingin file tersebut. jika bapak mau dan mengizinkan untuk mengirim kepada saya…

  5. aslamualaikum mas lugtyastyonobudparpora… ijinkan saya untuk mendapatkan file lengkap KKP bapak… saya akan berbahagia sekali jika mas mengijinkannya…. thanks..

  6. Pa Lug sebelumnya trimakasih ada info tentang kkp, saya adhi dari bidang olahraga dan pemuda juga sedang mengikuti diklat pim 3 boleh minta kkp yang lengkapa karena sangat mirip sekali mohon dikirim ke email saya trims wass

  7. mohon dengan hormat minta contoh KKP yang lengkap untuk bahan pembanding penyusunan KKP diklatpim III, kirim via email. terima kasih sebelumnya….

  8. aslkm… bapak…terima kasih atas infonya.. bila berkenan, mohon dikirimi file KKP tersebut yang komplit utk bpk sy yg mau diklatpim III pak.. trfmksh banyak kami ucapkn atas kebaikan bpk

  9. ass bapak, saya sangat tertarik dengan KKP Bapak, apa berkenan memberikan format KKP lengkap ke email saya untuk bahan dikpim 3? terima kasih sebelumnya…

  10. Ass, saya sangat tertarik dengan arah reformasi kesekretariatan di instansi Bapak. Apakah KKP lengkap bisa saya peroleh pak……. kalau tidak berkeberatan saya terima diemail
    terimakasih

  11. selamat malam pak, saya sangat tertarik dengan KKP Bapak, apa berkenan memberikan format KKP lengkap ke email saya “novi.nogun@gmail.com” untuk bahan dikpim 3? terima kasih sebelumnya…

  12. ass bapak, saya sanghonat tertarik dengan KKP Bapak, apa berkenan memberikan format KKP lengkap ke email saya untuk bahan dikpim 3? terima kasih sebelumnya

  13. Pak Lugtyastyono, setelah membaca KKP di atas saya tertarik dan ingin memiliki file lengkap KKP tersebut, dengan ini saya mohon untuk dapatnya dikirim ke email saya langitbumikita@gmail.com berikut file KKOL dan LKP nya sebagai bahan referensi. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan Terima kasih, semoga sukses selalu

  14. Pak Lugtyastyono, saya tertarik dengan tema yang Bapak tulis tersebut. Jika memang diperbolehkan, mohon bantuannya untuk dikirimkan KKP dengan KKOL dan LKP nya ke email saya ry_pradibtya@yahoo.co.id , sebagai bahan referensi saya. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    Salam,
    Riyo

  15. Pak Lugtyastyono, selamat malam saya sangat tertarik dengan KKP yang telah bapak susun, bila berkenan mohon dikirimkan KKPnya yang lengkap ke e-mail saya daudtaufik1@gmail.com, yang nantinya saya jadikan referensi, trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s