Desa Wisata Klaten


DESA WISATA DI KABUPATEN KLATEN

1.Desa Wisata Keprabon (Kec. Polanharjo)

Merupakan desa wisata dengan potensi unggulan kerajinan tanduk kerbau dan penyu yang merupakan kerajinan khas. Desa wisata dekat dengan Sumber Air Ingas dan kawasan pemancingan Janti, Melihat proses pembuatan kerajinan, membeli/berbelanja hasil kerajinan tanduk dan penyu sebagai cenderamata.



2. Desa Wisata Janti (Ds. Janti Kec. Polanharjo)

Merupakan desa wisata dengan potensi unggulan arena pemancingan dan rumah makan yang utamanya menyajikan menu ikan seperti ikan bakar dan ikan goreng sesuai pesanan pembeli. Di desa pemancingan ini terdapat puluhan rumah makan dan tempat-tempat pemancingan ikan yang sekedar digunakan untuk menghabiskan waktu luang dan bersantai.


3. Desa Wisata Paseban (Kec. Bayat)

Merupakan desa wisata dengan potensi unggulan berupa makam Ki Ageng Pandanaran yang banyak dikunjungi peziarah dari berbagai daerah. Juga terdapat Sendang Maerokoco dan banyak sentra kerajinan seperti topeng kayu, keramik dan batik tulis, Berziarah, mengunjungi sentra kerajinan, trekking di dataran tinggi Jabalkat


4. Desa Wisata Krakitan (Kec. Bayat)

Merupakan desa wisata dengan potensi unggulan berupa Rowo Jombor yang di atasnya terdapat banyak warung apung yang menyajikan berbagai menu makanan ikan air tawar termasuk ikan goreng dan ikan bakar, Memancing, makan (menikmati hidangan menu ikan goreng/ikan bakar), rekreasi, dll


5. Desa Wisata Jimbung (Kec. Kalikotes)

Merupakan desa wisata dengan potensi unggulan berupa sebuah sendang yang diyakini dapat memberikan tambahan rejeki yaitu Sendang Bulus Jimbung. Desa ini memiliki sebuah pegunungan kapur yang cukup menarik untuk kegiatan panjat tebing, yang di atasnya ada sebuah bangunan rumah tua yang dihuni oleh demit sehingga masyarakat menyebutnya rumah demit. Melakukan ritual di Sendang Bulus Jimbung, mengunjungi rumah dhemit.

6. Desa Wisata Melikan (Kec. Bayat)

Merupakan desa wisata dengan potensi unggulan berupa sentra kerajinan/pembuatan keramik dengan cara/metode pembuatan yang unik yakni dengan teknik putaran miring yang merupakan budaya ketimuran karena sebagian pengrajinnya kebanyakan wanita, Menyaksikan proses pembuatan kerajinan keramik, membeli keramik sebagai cenderamata.


7. Desa Wisata Soran (Desa Duwet Kec. Ngawen)

Merupakan desa wisata dengan potensi unggulan berupa seni pertunjukan rakyat sehingga setiap saat wisatawan yang datang dapat menikmati alunan Gejog Lesung, tari-tarian, dan kesenian yang lain dan juga ada wisata pertanian dan aneka ragam seperti kerajinan wayang kayu.


8. Desa Wisata Pokak (Kec. Ceper)

Merupakan desa wisata dengan potensi unggulan berupa Sendang Sinongko, yang didukung oleh kerajinan replika mobil dll. Desa ini mempunyai kegiatan ritual bersih sendang dengan penyembelihan kambing yang mencapai ratusan ekor, Menyaksikan upacara tradisional bersih sendang, menyaksikan pembuatan seni kerajinan.


9. Desa Wisata Ponggok (Kec. Polanharjo)

Merupakan desa wisata dengan potensi unggulan berupa kolam renang yang memanfaatkan sumber mata air karena dekat dengan obyek wisata Sumber Air Ingas. Di samping itu juga terdapat wisata pertanian (agrowisata) dan perikanan. berenang


10. Desa Wisata Jatinom (Kec. Jatinom)

Merupakan desa wisata dengan potensi unggulan berupa Makam Kyai Ageng Gribig tokoh penyebar agama Islam. Di samping itu juga terdapat banyak objek wisata ziarah lainnya seperti Masjid Alit, Masjid Besar Jatinom, Sendang Klampeyan, Sendang Suran, Sendang Jetis, Oro-oro Yaqowiyu, Oro-oro Tarwiyah, Goa Suran, Goa Pabelan, Goa Jetis. Di samping itu juga terdapat kampung kuno, museum Asmat, dan masjid kuno, Upacara Tradisional Penyebaran Apem atau yang lebih dikenal dengan sebutan Upacara Yaqowiyu. Ada juga peninggalan Kyai Ageng Gribig yang lain yang terletak di Desa Krajan yaitu Oro-Oro Tarwiyah, Berziarah, mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang berhubungan dengan perjalanan syiar agama Islam yang dilakukan oleh Ki Ageng Gribig.


11. Desa Wisata Juwiring (Kec. Juwiring)

Merupakan desa wisata dengan potensi unggulan berupa keanekaragaman wisata. Di daerah Serenan terdapat banyak pengrajin kayu jati dan olahan. Di Desa Sidowarno terdapat banyak pengrajin tatah sungging wayang kulit. Di Desa Tanjung juga banyak kita temukan pengrajin payung, Menyaksikan pembuatan tatah sungging wayang kulit, pembuatan mebel, pembuatan payung.


12. Desa Wisata Tegalmulyo (Kec. Kemalang)

Merupakan desa wisata dengan potensi unggulan wisata pedesaan dengan jelajah gunung Merapi, gua Jepang, dan dekat objek wisata Deles Indah, wisata agro, Menyaksikan pemandangan alam pegunungan (Gunung Merapi) yang indah.


13. Desa Wisata Sidorejo (Kec. Kemalang)

Merupakan desa wisata dengan potensi unggulan wisata pedesaan dengan jelajah gunung Merapi dan dekat objek wisata Deles Indah, Gumuk Petung, bekas Pesanggrahan Paku Buwono X, hotel, losmen, dan wisata agro, Menyaksikan pemandangan alam pegunungan (Gunung Merapi) yang indah.


14. Desa Wisata Plawikan (Kec. Jogonalan)

Merupakan desa wisata dengan potensi unggulan Museum Gula Jawa Tengah, pabrik pembuatan gula, lokomotif kuno, home stay dan restoran, Mengunjungi museum, menyaksikan proses produksi gula.


15. Desa Wisata Ceper (Kec. Ceper)

Merupakan desa wisata dengan potensi unggulan berupa semangat masyarakat untuk tetap menjunjung tinggi budaya dari leluhur dengan upacara tradisional Tanjung Sari, yang diselenggarakan setahun sekali pada setiap bulan Sura (penanggalan Jawa). Di desa ini juga terdapat wisata agro, pengrajin suvenir dll, Menyaksikan upacara tradisional bersih desa Tanjung Sari


16. Desa Wisata Sobayan (Kec. Pedan)

Merupakan desa wisata dengan potensi unggulan berupa pusat kerajinan tenun ikat, wisata agro, dan juga terdapat pasar tradisional, Menyaksikan proses pembuatan tenun ikat, membeli tenun ikat sebagai cenderamata.

jungi pusat bonsai.


18. Desa Wisata Manisrenggo (Kec. Manisrenggo)

Merupakan desa wisata dengan potensi unggulan berupa Bumi Perkemahan Kepurun dan wisata agro yang terletak di Desa Sapen. Sedangkan Desa Katik merupakan desa yang terkenal dengan seni Ketoprak dan warung makan Yati Pesek. Di Desa Kepurun terdapat Monumen Perata, Mengunjungi Monumen, berkemah

19. Desa Wisata Kebondalem Kidul (Kec. Prambanan)

Merupakan desa wisata dengan potensi unggulan berupa Desa yang mempunyai daya tarik wisata, sumber daya budaya sumber daya ekonomi ( kerajinan seni batik, seni lukis, tenun sutra emas, kerajinan akik ) dan juga wisata agronyas serta pusat bonsai, Mengunjungi Taman Wisata Candi prambanan.

IMG_2745

Ucapan Selamat Datang Festifal Kesenian andi Sojiwan yang dilaksanakan oleh Desa Wisata Kebondalem Kidul

IMG_2749

Festival kesenian Candi Sojiwan. Festival diadakan setiap tahun oleh Desa Wisata Kebondalem, Prambanan

IMG_2760

Festival mempertunjukan berbagai kesenian dan budaya. Anak-anak kecil dengan semangat mengikuti dan berpartisipasi dala festival ini.

IMG_2800

Candi Sojiwan. Candi ini terletak di Desa Wisata Kebondalem, Prambanan, Klaten. Candi ini merupakan peninggalan sejarah yang layak untuk dikunjungi.

40 thoughts on “Desa Wisata Klaten

  1. BKM Sobayan, ia sama2 tolong kalau ada informasi yang terbaru tentang Desa Wisata Sobayan, kami di beri tau Matur Suwun

  2. Pak, Kami punya blue print (desain) Desa Wisata Budaya di Dukuh Jombor Desa Danguran Klaten Selatan (omah wayang) yang memiliki atraksi :
    1. Tamu datang disambut dengan tari Gambyong
    2. Atraksi Ngluku, Tandur dan miwit dilanjutkan
    2. Membuat batu bata
    3. memandikan kerbau dan Kenduren sesaji sumber (bumi)
    4. kemudian menatah wayang/membuat souvenir
    5. menyaksikan pertunjukan wayang/Kethoprak Live in
    durasinya kesemuanya maksimal 3 jam pak
    Bagaimana cara mewujudkannya mohon nasehat dan petunjuknya. nuwun

    • Maz Dani Makasih infonya nanti kita sampaikan ke dinas Budparpora Klaten mohon doa restunya saya sekarang pindah tugas Kepala SMA Negeri 1 Wedi Klaten

  3. bagus pak,selamat menjalankan tugas baru.
    saya supriyadi di prambanan.(desa wisata kebondalem kidul) eh,dari pengrajin batu akik,sekarang meningkat ke koleksi batu mulia/permata dari banyak negara di dunia.dan juga membuat perhiasan perak asli hehe…ok sir,thanks.
    .

    • Pak Supriyadi yang di prambanan.(desa wisata kebondalem kidul) matur nuwun, saya salut dengan bapak yang sukses sebagai kolektor batu mulia/permata juga membuat perhiasan perak asli, sukses tuk bapak

    • Pak lokasi dan alamatnya sebelah mana? atau contact person?
      Rencana kalo harga cocok mau bikin ring perak buat akik, makasih…

  4. desa wisata yang di minati orang2 kota yang sekarang kembali ke tradisional , penginapan pun membaur di masyarakat. rumah sewa tapi bukan terpisah .seperti di kampung naga jawa barat atau suku baduy di banten.sehingga di namakan desa wisata.orang kota jadi orang desa.pameran potensi desa wisata lebih di sosialisasikan.matur nuwun.di tunggu lokasi dan ceritanya.

    • Radenmas Syahid Onohawk…. makasih lho infonya tentang desa wisata yang penginapan pun membaur di masyarakat. rumah sewa tapi bukan terpisah

    • Bu Novi bisa aja … kalau bu Novi tidak keberatan datang aja ke Dinas Budparpora jl Sulawesi Klaten menemui Pak Dody Kabid Pariwisata ato Kasie Promosi Pariwisata Bu Etty Pusparini

    • Mbak Agnes Budi Kuntari , terima kasih datang aja di dinas Budparpora jln Sulawesi 35 Klaten menemui Kasie Obyek Wisata dan Purbakala ibu Dra Rini ), mohon maaf karena saya sekarang udah pindah di Pengawas SMA Dinas Pendidikan sudah tidak di Dinas Budparpora, Matur Nuwun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s